PENGEN TAHU PERTANYAAN-PERTANYAAN SAAT PROSES WAWANCARA KERJA

Sumber gambar : www.shutterstock.com Goesukses,Magetan.Bagaimana perasaan Sahabat Goesukses pada saat interview/wawancara kerja?

Pasti deg-degan atau malah gugup.Sebenarnya penyebab Sahabat Goesukses gugup karena ketakutan jawaban Sahabat Goesukses tidak sinkron(sesuai) terhadap pertanyaan yang diajukan pewawancara.Sehingga menyebabkan Sahabat Goesukses berpikir yang tidak-tidak seperti seleksi wawancara tidak lolos.

Dalam mengatasi masalah tersebut, ada beberapa strategi seperti mempelajari contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja.Dengan mengaplikasikan strategi diatas,Sahabat Goesukses mendapatkan gambaran pertanyaan dan bagaimana jawaban yang paling sesuai dengan pengalaman dan pendidikan Sahabat Goesukses.Berikut ini contoh pertanyaan wawancara kerja beserta jawabannya

  1. Ceritakan tentang diri Anda?,
  2. Dipertanyaan pertama ini cobalah setenang mungkin dan cobalah ceritakan pendidikan dan aktivitas Sahabat Goesukses saat ini,

    • Contoh :
    • “Nama saya Kirana Mentari.Saya alumni SMK N Bina Karya jurusan Tata Busana.Sekarang Saya bekerja di PT.Ritel Sejahtera sebagai Quality Control(QC).Saya sudah bekerja di perusahaan tersebut sejak Desember 2013.Saya mengambil kesempatan ini(bekerja di perusahaan yang dilamar).Saya merasa sesuai dengan kriteria perekrutan dan Saya bersemangat untuk kesempatan ini.”

  3. Mengapa Anda memilih jurusan Tata Busana?,
  4. Jawablah dengan menyukai jurusan tersebut karena prospek karir yang jelas,lingkungan dominan industri garmen sehingga Sahabat Goesukses bercita-cita di bidang tersebut atau memang sesuai minat dan passion.

    • Contoh :
    • “Jurusan ini sesuai minat dan passion Saya.Sehingga dengan mengambil jurusan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Saya tentang dunia tata busana.”

  5. Selain pendidikan formal,
    Apakah Anda memiliki keahlian atau keterampilan lain?,
  6. Cobalah menjabarkan keahlian lain tetapi masih berkaitan dengan keahlian formal.Sahabat Goesukses juga dapat mempelajari keahlian terkait hanya pada kondisi tertentu.

    • Contoh
    • “Ya,selain keterampilan formal Saya juga mengikuti kursus menjahit dan menyulam.Selain itu Saya juga mengikuti kursus bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

  7. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?,
  8. Untuk menjawab pertanyaan ini,Sahabat Goesukses harus menggambarkan tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.Ketika Sahabat Goesukses memaparkan kekurangan lebih baik ditambahi pemecahanannya supaya meyakinkan pewawancara bahwa Sahabat Goesukses seorang problem solving yang baik.

    • Contoh :
    • “Kelebihan Saya adalah jujur,teliti,percaya diri,pekerja keras,komitmen tinggi terhadap perusahaan,dapat bekerja dalam tim dan penuh semangat.Sedangkan kelemahan Saya adalah suka lupa.Tetapi Saya mengatasinya dengan mencatat sesuatu hal yang penting terkait pekerjaan di buku saku.”

    Baca Juga :

    5 Pekerjaan Paling Cocok dan Sukses Untuk Orang Pendiam

    Sukses Dengan Pekerjaan Sesuai Tipe Kepribadian

    5 Pekerjaan Sampingan Yang Sesuai dan Cocok Untuk Mahasisiwa

    pekerjaan-yang-cocok-dan-sesuai-dengan-zodiak

  9. Bisakah Anda bekerja di bawah tekanan?,
  10. Pertanyaan ini sangat penting karena mengingat dalam pekerjaan selalu dihadapkan pada posisi yang tertekan.Selain itu ketika dalam posisi tertekan dapat mampu mengeluarkan potensi terbaik.

    • Contoh :
    • “Ya,selama ini Saya dapat mengatasi tekanan dalam pekerjaan.Dengan adanya tekanan dalam pekerjaan dapat memberikan hasil positif dalam membangkitkan semangat,potensi,inisiatif dan keterampilan Saya.Tetapi dengan perencanaan dan manajemen waktu yang tepat dapat mengurangi kepanikan ketika mendekati batas waktu dalam tanggung jawab Saya.”

  11. Mengapa Anda resign dari pekerjaan sebelumnya?,
  12. Saat menjawab pertanyaan ini cobalah memperhatikan bagaimana pewawancara merespon jawaban Sahabat Goesukses.Ini sangat penting,jika pewawancara salah menanggapi jawaban Sahabat Goesukses.Maka peluang untuk bekerja di perusahaan tersebut akan kecil/sulit.

    • Contoh :
    • “Saya resign dari pekerjaan sebelumnya karena ingin bekerja sesuai passion Saya dan mencari tantangan baru.Saya kira perusahaan ini dapat memenuhi keinginan Saya tersebut.”

  13. Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan Kami?,
  14. Sebenarnya pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui motivasi Sahabat Goesukses bekerja di perusahaan tersebut.Sahabat Goesukses dapat mengatakan ingin lebih produktif dan ingin jenjang karir yang jelas.

    • Contoh :
    • “Saya tertarik melamar di perusahaan ini.Perusahaan ini memiliki jenjang karir yang jelas.Selain itu pengalaman dan pendidikan Saya sesuai dan dapat dipakai.Sehingga Saya dapat berkontribusi secara maksimal dalam memajukan perusahaan ini.”

  15. Jelaskan rencana Anda lima tahun ke depan?,
  16. Di pertanyaan ini sebaiknya Sahabat Goesukses jujur mengatakan apa yang ingin pewawancara ingin ketahui seperti harapan,ambisi dan posisi yang diinginkan di perusahaan tersebut.

    • Contoh :
    • “Jika Saya diterima disini.Dalam lima tahun ke depan.Saya ingin menjadi QC Supervisor.Karena hal tersebut Saya akan mempelajari dan memahami supaya dapat menjadi ahli di bidang tata busana.Saya akan berusaha lebih keras dalam memenuhi kriteria untuk menjadi seorang QC Supervisor.Selain itu Saya akan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan.”

  17. Berapa gaji Anda saat ini dan berapa gaji yang Anda inginkan dari perusahaan Kami?,
  18. Untuk gaji Sahabat Goesukses jawablah dengan jujur.Sedangkan untuk negoisasi gaji Sahabat Goesukses harus memikirkan secara baik.Mungkin Sahabat Goesukses ingin tambah gaji. 20% – 30% dari yang diterima sekarang.

    • Contoh :
    • “Gaji pokok Saya sekarang 2 juta dan ditambah tunjangan serta bonus bulanan.Jadi total gaji Saya 3 juta.Saya disini berharap disini dapat memperoleh 5 juta.”

      *Seandainya perusahaan tidak menyanggupi gaji,Sahabat Goesukses dapat menurunkan menjadi 4,5 juta(naik 50%).Yang terpenting cobalah ketika negoisasi gaji jangan sampai dibawah target Sahabat Goesukses(+20% – 30% dari gaji sekarang).

  19. Apakah Anda mempunyai pertanyaan yang ingin diajukan terkait perusahaan ini?.
  20. Ketika perusahaan ingin meminta Sahabat Goesukses mengajukan pertanyaan tentang perusahaan tersebut.Cobalah untuk mengajukan pertanyaan,ini sangat penting supaya perusahaan terkesan bahwa Sahabat Goesukses benar-benar tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

    • Contoh pertanyaan :
      1. “Apakah perusahaan ini ada jadwal lembur?”,
      2. “Apakah ada penempatan kerja di luar kota?”,
      3. “Bagaimana sistem kerja di perusahaan ini?”.
Monetize your website traffic with yX Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *